Cara Mendeteksi Blog Yang Terkena Virus Malware


Bagaimana cara mengecek dan mengetahui jika blog terinfeksi virus malware. Kata Malware berasal dari kata malicious dan software Malware, adalah program yang didesain untuk mengganggu operasi komputer, mengumpulkan informasi-informasi sensitif, ataupun mengakses ke dalam sistem komputer tanpa izin. Walaupun pengertiannya adalah software/program, malware juga dapat berupa script atau kode. Istilah malware secara umum digunakan untuk menggambarkan program atau kode yang dimaksudkan untuk mengeksploitasi komputer, atau data-data yang terdapat di dalamnya tanpa persetujuan si pemilik. Termasuk untuk menggambarkan program atau kode yang berbahaya dan mengganggu. pengertian lain, Malware adalah perangkat lunak yang di ciptakan untuk merusak sistem komputer atau jaringan komputer tanpa izin dari pemilik.

Pembahasan tentang Cara Mendeteksi Blog Yang Terkena Virus Malware sangat beragam dan Pengertiannya pun sangat luas, berikut akan kami bahas

Mendeteksi Blog Yang Terkena Virus Malware


Cara Mendeteksi Blog Yang Terkena Virus Malware
versi website (hosting) dan bagaimana cara menghilangkan serta apa saja yang harus dilakukan agar tidak terkena malware kembali di kemudian hari.
Pernahkan Anda mendapatkan pesan notifikasi seperti gambar berikut ini ketika mengakses suatu website atau bahkan website Anda sendiri:

Artikel terkait : 5 Sistem Keamanan Blog Yang Harus Anda Perhatikan

Jika muncul peringatan seperti itu, berarti situs tersebut terindikasi mengandung virus Malware, yang dapat membahayakan bagi komputer jika kita buka. Malware adalah semacam virus komputer yang bisa menginfeksi komputer dengan berbagai macam cara.

Lantas tindakan apa untuk mengatasi hal tersebut? berikut tips mengetahui situs atau blog yang terdapat Malware:

1. Kunjungi alamat ini untuk mengetahui blog anda dari ancaman virus :
http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://wwww.trikpos.com/
2. Nama domain www.trikpos.com/ silahkan ganti sesuai blog yang ingin di cek keberadaan malware nya.
3. Jika ternyata blok TIDAK terkena Malware maka akan tampil secara detiel, silahkan uji blog anda dengan menggunakan link di atas


Bagaimana website bisa terinfeksi virus malware?
Salah satu proses masuknya malware/badware ke dalam website bisa disebabkan oleh administrator website itu sendiri. Biasanya terjadi pada saat melakukan upload file ke hosting yang menggunakan komputer yang sudah terinfeksi virus. Sehingga sebelum file terupload ke hosting, maka akan terlebih dahulu terinjeksi virus di komputer lokal. Dan pada saat Google mengindex website tersebut kemudian menemukan adanya mallicious script/malware/badware tertanam di website tersebut, maka google akan langsung memberikan Label Badware/Malware dalam SERP mereka, begitupun beberapa browser biasanya akan memblokirnya juga.

Selain karena kecerobohan administrator website sendiri, malware juga bisa di injectkan ke website oleh orang lain, Hal ini bisa dikarenakan tingkat security website yang masih rendah atau adanya bug/celah keamanan pada website sehingga mudah ditembus oleh Hacker.

Baca juga : Cara Menyingkat RSS Feed Untuk Keamanan Blog Anda

Oke back to topik, jika website terkena malware, langkah apa yang harus diambil untuk menanggulangi masalah tersebut? Silahkan ikuti langkah dibawah ini:

Cara Mengatasi Website yang Terkena Malware
Jika anda tidak menemukan adanya file aneh atau kode-kode yang terinjeksi pada html atau konten dalam blog anda, langkah terakhir untuk memastikan dan mencari malware tersebut adalah dengan cara download file website secara keseluruhan ke komputer lokal (pastikan komputer bebas virus) kemudian lakukan scanning menggunakan Antivirus dengan update terbaru. Jika malware ditemukan, lihat file apa yang terinfeksi, jika termasuk file website maka bisa kita replace dengan file asli website, tetapi jika ternyata merupakan file yang tidak dikenal, bisa hapus saja.

Meminta Review pada Google.

Setelah malware dibersihkan, selanjutnya upload ulang file website anda. Atau jika ingin cara yang lebih simpel, tinggal timpa saja file website yang terinfeksi malware dengan file default website.

Selanjutnya untuk menghilangkan blacklist Google kita harus meminta Google untuk mereview website kita. Caranya melalui layanan Google Webmaster Tool.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi malware pada blog:

a. Temukan kode malware atau ganti template blog anda.

b. Sekarang masuk ke akun webmaster tool blog anda
Daftarkan website di google webmaster tools lalu lakukan verifikasi

c. Jika blog anda mengandung malware maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini pada daftar blog di webmaster tool:



Selanjutnya klik saja alamat websitenya lalu klik “Request review” kemudian masukan keterangan bahwa website tersebut sudah bebas dari malware dan meminta pihak google untuk mereviewnya.


Terakhir klik Ok lalu tunggu maksimal 2×24 jam, maka blacklist (malware detected) terhadap website akan hilang.

Demikialah kawan intruksi yang dapat kami kemas mengenai Cara Mendeteksi Blog Yang Terkena Virus Malware
Buat yang baru tau bisa dicoba sendiri dan bagi yang berbaik hati bisa di share artikel ini di media sosial kalian, pliiis..!