Memahami Lebih Jauh Apa itu Search Console

trikpos.com - Memahami Lebih Jauh Apa itu Search Console . Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau dan mempertahankan keberadaan situs di search pencari. Google sangat menyarankan sebaiknya anda melibatkan Search Console dalam anda mengelola blog Anda, mendaftar di Search Console dapat membantu Anda memahami cara Google melihat situs dan mengoptimalkan kinerjanya dalam hasil penelusuran.

Mengapa menggunakan Search Console

Memantau kinerja situs di hasil Google Penelusuran:
  • Pastikan Google dapat mengakses seluruh konten Anda
  • Kirimkan konten baru setiap anda selesai memposting artikel untuk perayapan dan anda juga bisa menghapus konten yang tidak ingin ditampilkan di hasil penelusuran
  • Buat dan pantau konten yang menunjukkan hasil penelusuran yang menarik
  • Pertahankan agar gangguan dalam situs Anda tetap minimal demi kinerja penelusuran
  • Pantau dan atasi masalah perangkat lunak perusak atau spam sehingga situs Anda tetap bersih dan sehat

Menemukan cara Google Penelusuran,dan dunia akan melihat situs Anda:
  • Kueri apa saja yang menyebabkan situs Anda muncul di hasil penelusuran
  • kueri apa saja yang bisa menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda daripada yang lainnya
  • Menelusuri harga produk, info kontak perusahaan, ataupun cara Anda agar disorot di hasil penelusuran yang kaya dan bermakna
  • Situs mana yang ditautkan ke situs web Anda?
  • Apakah situs seluler Anda bekerja dengan baik untuk pengunjung yang menelusuri menggunakan seluler?

Berikut beberapa fungsi Search Console untuk pengoptimalan situs anda:
1- Cara Mengverifikasi Blog di Google Webmaster Tool
2- Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console
3- Cara Membuat dan Mengirimkan Peta Situs ke Webmaster
4- pengsubmitan URL artikel baru
5- Cara Menghapus Broken Link di Search Console

Ada dua cara masuk ke Search Console untuk penjelajahan lebih lanjut:


Cara yang pertama: silahkan masuk ke blogger anda, pilih Ikhtisar lalu pilih Buka Search Console lihat gambar
 Apa itu Search Console

Cara yang kedua anda bisa mengunjungi link berikut ini
https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in


 Memahami Lebih Jauh Apa itu Search Console

Siapa yang harus menggunakan Search Console


Siapa pun yang memiliki situs web! Dari orang awam hingga pakar, dari pemula sampai yang mahir, Search Console dapat membantu Anda.
  1. Pemilik bisnis yang melakukan delegasi. Meskipun Anda tidak tahu cara menggunakan Search Console, setidaknya Anda mengetahuinya dan mengenal dasar-dasarnya. Anda dapat mempekerjakan webmaster atau spesialis pemasaran untuk membantu menyiapkan situs web dengan Search Console. Dalam hal ini, Anda dapat bekerja dengan orang tersebut untuk memastikan bahwa Anda memiliki akses dan kontrol ke semua laporan untuk situs web Anda. Selain itu, merupakan ide yang bagus untuk mempelajari semua yang Anda bisa tentang cara situs muncul di hasil penelusuran, sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang penting tentang situs.
  2. Spesialis SEO atau pemasar. Saat seseorang berfokus pada pemasaran online, Search Console akan membantu Anda memantau lalu lintas situs web, mengoptimalkan peringkat situs, dan membuat keputusan, berdasarkan informasi yang didapat, tentang penampilan hasil penelusuran situs. Anda dapat menggunakan informasi di Search Console guna memengaruhi keputusan teknis untuk situs web dan melakukan analisis pemasaran yang canggih dengan alat Google lainnya seperti Analytics, Google Trends, dan AdWords.
  3. Administrator Situs. Sebagai admin situs, Anda menaruh perhatian atas operasi sehat situs Anda. Search Console memungkinkan Anda memantau dengan mudah dan, dalam beberapa kasus, menyelesaikan kesalahan server, masalah pemuatan situs, dan masalah keamanan seperti peretasan dan perangkat lunak perusak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memastikan bahwa pemeliharaan atau penyesuaian situs apa pun yang Anda lakukan berjalan lancar terkait dengan kinerja penelusuran.
  4. Pengembang Web. Jika Anda membuat markup dan/atau kode aktual untuk situs, Search Console membantu memantau dan menyelesaikan masalah umum terkait markup, seperti kesalahan pada data terstruktur.
  5. Pengembang Aplikasi. Jika memiliki aplikasi, Anda pasti ingin melihat cara pengguna seluler menemukan aplikasi menggunakan Google Penelusuran. Search Console dapat membantu Anda mengintegrasikan aplikasi dan dunia situs web dengan lancar


Demikian penjelasan kami mengenai Memahami Lebih Jauh Apa itu Search Console Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.